Digital Marketing

Manfaat dan Fungsi Breadcrumbs dalam Navigasi Website

Breadcrumbs, atau yang sering disebut sebagai “roti tumpah” dalam bahasa Indonesia, merupakan elemen navigasi yang sering kita temui saat menjelajahi suatu website. Sebagian besar dari kita mungkin sudah familiar dengan istilah ini, tetapi apakah kita benar-benar memahami manfaat dan fungsi dari breadcrumbs dalam pengalaman pengguna? Artikel ini akan mengungkap secara detail tentang apa itu breadcrumbs, mengapa mereka penting, dan bagaimana mereka dapat meningkatkan navigasi serta performa website Anda.

[penci_ads id=”penci_ads_1″]

Apa Itu Breadcrumbs?

Sebelum kita menjelajahi manfaat breadcrumbs, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu breadcrumbs. Breadcrumbs adalah navigasi yang berbentuk seperti teks kecil berisikan link halaman website. Adanya breadcrumbs bertujuan untuk menunjukkan di mana pengguna berada di suatu website. Umumnya, breadcrumbs dapat ditemui di bagian atas situs web atau tepat di bawah navigasi utama.

Baca juga : Cara Membangun Personal Branding: Langkah Demi Langkah

Istilah “breadcrumbs” ini mirip dengan filosofi dari remahan roti yang ada dalam cerita ‘Hansel and Gretel’. Sebagaimana yang diketahui, Hansel dan Gretel menggunakan remahan roti sebagai petunjuk untuk kembali ke rumah. Demikian pula, breadcrumbs memiliki fungsi untuk membantu seseorang yang sedang mengakses suatu website kembali ke halaman-halaman website sebelumnya. Cara kerjanya pun cukup mudah, yaitu dengan mengklik masing-masing dari link teks tersebut.

[penci_ads id=”penci_ads_2″]

Fungsi Breadcrumbs

1. Alat Navigasi Website

Salah satu fungsi utama dari breadcrumbs adalah sebagai alat navigasi kedua di dalam website, selain dari menu utama. Dengan adanya breadcrumbs, para pengunjung dapat dengan mudah mengakses konten dan halaman dari suatu website. Secara tidak langsung, hal ini juga dapat membuat pengunjung tidak perlu lagi kembali ke halaman awal untuk menemukan topik yang sama pada suatu website.

[penci_ads id=”penci_ads_3″]

2. Meningkatkan Pengalaman Pengguna (User Experience)

Fungsi lain dari breadcrumbs adalah membantu meningkatkan pengalaman pengguna. Sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya, breadcrumbs membantu para pengunjung untuk mengakses halaman website dari navigasi yang sudah diakses sebelumnya. Dengan begitu, hal ini dapat meningkatkan pengalaman para pengunjung yang tidak lagi kebingungan, sehingga mereka ingin kembali datang untuk mengakses halaman website milik Anda.

[penci_ads id=”penci_ads_4″]

3. Mengoptimasi SEO Website

Ternyata, breadcrumbs memiliki fungsi lain yang sangat penting, yaitu mengoptimasi hasil pencarian (SEO) website Anda. Sebagai informasi, mesin pencari seperti Google akan mengutamakan situs-situs yang memiliki breadcrumbs yang baik untuk meningkatkan peringkat di hasil pencarian. Dengan breadcrumbs yang tepat, website Anda memiliki peluang lebih besar untuk muncul di posisi teratas dalam hasil pencarian, sehingga lebih mudah ditemukan oleh calon pengunjung.

[penci_ads id=”penci_ads_5″]

4. Meminimalisir Bounce Rate

Suatu website dengan breadcrumbs yang baik, mudah, dan tidak membingungkan dapat menurunkan kemungkinan pengguna untuk kembali ke halaman Google atau meninggalkan website Anda begitu saja. Dengan begitu, bounce rate dalam website Anda berangsur-angsur menurun. Bounce rate adalah persentase pengunjung yang datang ke website Anda, lalu meninggalkannya begitu saja tanpa membuka halaman lain maupun berinteraksi di dalamnya. Dengan breadcrumbs yang efektif, pengunjung akan lebih cenderung menjelajahi lebih banyak halaman di website Anda.

[penci_ads id=”penci_ads_6″]

5. Mengoptimasi Hasil Pencarian

Selain mengoptimasi peringkat di mesin pencarian, adanya breadcrumbs juga dapat mengoptimasi hasil pencarian itu sendiri. Hal ini karena breadcrumbs dapat mempercantik struktur suatu website dan membantu Google untuk menampilkan pencarian yang lebih relevan. Ketika pengguna mencari sesuatu dan melihat hasil pencarian yang disertai dengan breadcrumbs yang informatif, mereka akan lebih cenderung mengklik tautan tersebut, meningkatkan lalu lintas pengunjung ke website Anda.

Baca juga : Mengoptimalkan Potensi Bisnis Anda dengan Instagram Ads: Panduan Lengkap Pemasaran Digital

[penci_ads id=”penci_ads_1″]

Kesimpulan

Breadcrumbs bukan hanya elemen navigasi biasa di website Anda. Mereka memiliki peran yang sangat penting dalam membantu pengunjung menavigasi situs web Anda dengan lebih efisien, meningkatkan pengalaman pengguna, dan bahkan mengoptimalkan peringkat serta hasil pencarian. Oleh karena itu, tidak ada alasan untuk tidak memasukkan breadcrumbs dalam desain dan struktur website Anda. Dengan melakukan hal ini, Anda dapat meningkatkan daya tarik dan keterlihatan website Anda di mata pengguna dan mesin pencari, sehingga membantu mencapai tujuan Anda dalam dunia online.

[penci_ads id=”penci_ads_2″]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *